Pages

Kamis, 22 November 2012

Laporan

http://hqsa.blogspot.com/2012/04/contoh-pendahuluan-laporan-kkn.html

A.   Pengertian Laporan

Laporan adalah suatu cara komunikasi sejenis dokumen yang berisikan paparan peristiwa/ kegiatan yang telah dilakukan seseorang / suatu badan atas dasar tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Karena laporan yang dimaksud sering berbentuk tertulis, maka dapat pula dikatakan laporan adalah semacam dokumen yang menyampaikan informasi mengenai suatu fakat yang telah dialami/ diselidiki.

 

B.   Ciri-ciri laporan yang baik :

·        Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas, tidak menimbulkan salah pengertian.

·        Disertai dengan data yang akurat dan meyakinkan.

·        Menarik dan enak dibaca.

 

C.   Bentuk-bentuk laporan :

·        Laporan berbentuk formulir isian

Ditulis dalam blangko daftar isian, bersifat rutin.

·        Laporan berbentuk surat

Nada dan pendekatannya bersifat pribadi. Bentuknya biasanya lebih panjang daripada surat biasa.

·        Laporan Memorandum

Sepert surat, tapi isinya lebih singkat. Biasanya, digunakan dalam hubungan kerja antara atasan dengan bawahan.

·        Laporan perkembangan

Jenis laporan yang bertujuan untuk menyampaikan perkembangan /perubahan atas suatu kegiatan yang tengah dilakukan dalam mencapai suatu sasaran yang telah ditentukan.

·        Laporan keadaan

·        Sejenis laporan yang menggambarkan suatu kondisi/ keadaan sesuatu hal sampai pada waktu dilaporkan

 

D.   Struktur Laporan

·        Judul

·        Kata pengantar

·        Daftar isi

·        Pendahuluan

·        Isi

·        Simuplan dan saran

·        Daftar pustaka

·        Lampiran-lampiran

0 komentar:

Posting Komentar